Makna Hati Putih Yang Memancarkan Sinar pada Lambang PSHT



MAKNA "HATI PUTIH YANG MEMANCARKAN SINAR" PADA LAMBANG PSHT

Hati Putih yang Memancarkan Sinar

a. Artinya adalah dimanapun adanya seorang Warga Persaudaraan Setia Hati Terate harus senantiasa dapat memberikan pancaran kasih sayang kepada setiap makhluk hidup, khususnya manusia ( dulur - dulur wong Terate ), atau bahasa Jawa-nya "Asih sapono padane tumitah" ( saling mengasihi sesama makhluk Allah ).

b. Sinar berwarna putih melambangkan pula jalannya / adanya hukum alam / karma / sebab akibat atau timbal balik, juga melambangkan jalannya "Manungso iku bakal ngunduh wohing pakerti" ( Manusia itu akan memetik hasil karyanya ), dalam pepatah Jawa "Sing sopo nandur pari bakal ngunduh pari, sing sopo nandur rawe bakal ngunduh rawe, sing sopo nandur becik bakal ngunduh becik, sing sopo nandur olo bakal ngunduh olo", artinya ( jika tidak ingin disakiti, kita jangan menyakiti, perbuatan baik akan mendapatkan kebaikan, perbuatan jelek akan mendapatkan kejelekan ) dan seterusnya. 

c. Arti lain bahwa lambang sinar tersebut adalah pancaran sinar yang berwarna putih terang benderang, hal ini mengandung suatu maksud bahwa Warga Persaudaraan Setia Hati Terate harus sanggup menciptakan suasana tentram, bermanfaat bagi orang lain, berjiwa welas asih, damai dan menyenangkan pada lingkungan dimanapun dia berada ( memayu hayuning bawono ).


d. Melambangkan pula bahwa Warga Persaudaraan Setia Hati Terate bisa memancarkan cinta kasih yang dipancarkan kepada semua makhluk khususnya kepada sesamanya bisa baik dan benar. Kalau yang memancarkan cinta kasih itu adalah hati dan akal yang baik dan benar, hal ini akan menghasilkan perbuatan yang baik dan benar pula, maka pancaran ini akan mendapatkan balasan yang baik. Tetapi apabila yang memancarkan cinta kasih hanya akal saja kemungkinan akan memancarkan sesuatu yang buruk, karena akal saja mudah terpengaruh oleh hawa nafsu setan, sehingga pancarannya pun akan tidak baik dan balasannya pun buruk pula.

e. Melambangkan jalannya hukum karma, yaitu hukum ghaib dari Allah SWT, yang berlaku dalam tata kehidupan manusia yang terjadi secara adil dan tidak memihak. Dalam berpakarti dan berkarya hendaknya selalu ingat bahwa segala sesuatu itu ada buah dari pakarti dan karya tersebut, ibaratnya " nandur telo tukul telo, nandur pari tukul pari ".

f. Melambangkan pancaran cinta kasih, artinya yaitu Warga Persaudaraan Setia Hati Terate harus sanggup memberikan cinta kasih atau perwujudan kepada segenap umat Allah SWT, tanpa mengharap imbalan apapun.
                   
g. Melambangkan sinar terang, artinya yaitu Warga Persaudaraan Setia Hati Terate harus sanggup menciptakan suasana bahagia dan sejahtera lahir batin terhadap lingkungan dimana ia berada.

          Kurang lebihnya itulah makna hati putih yang memancarkan sinar pada lambang Persaudaraan Setia Hati Terate yang dapat saya bagikan untuk saudara dimana pun berada. Silahkan dapat saudara bagikan kepada saudara yang lainnya sekedar untuk berbagi wawasan. Sekian .....dan terimakasih .....

Salam Persaudaraan ..... 


BERIKUTNYA :

- Makna Garis Pita Tegak Lurus Berwarna Putih Merah Putih pada Lambang PSHT 


Comments

ARTIKEL POPULER

Makna Tingkatan Sabuk PSHT

Materi Ke-SH-an

Pepacuh Anggota PSHT

Arti Pembukaan Persaudaraan Setia Hati Terate

Makna Pakaian PSHT

Janji Setia Anggota PSHT

Makna Hati Putih Bertepi Warna Merah pada Lambang PSHT

Mukadimah Persaudaraan Setia Hati Terate

Makna Bunga Terate pada Lambang PSHT

Materi Pembinaan Fisik PSHT