Arti Penghormatan Pada Pembukaan PSHT

Pembukaan PSHT.2 - Jiwa Setia Hati

ARTI "PENGHORMATAN" PADA PEMBUKAAN PSHT

Penghormatan, berdiri tegak dengan kedua telapak tangan yang saling bersentuhan/bertemu, dengan kedua ibu jari di satukan/merapat dan menempel di depan ulu hati dan jemari yang lain mengarah ke atas, di ikuti dengan gerakan kepala menunduk secukupnya (sikap hormat).

Artinya :
  • Bahwa kita sebagai sesama insan Persaudaraan Setia Hati Terate dan sesama manusia harus saling menghormati dengan secara wajar/akal dan tidak terlalu berlebihan.
  • Bahwa Allah SWT yang maha segalanya, artinya kita sebagai insan Persaudaraan Setia Hati Terate dan sekaligus sebagai hambanya harus manunggaling kawulo gusti (hati dan akal bersatu), artinya kawulo selalu setia dan patuh akan perintah-perinyah Allah SWT, baik pikiran atau pun perbuatan dan sikap hatinya sesuai dengan ajaran Allah SWT.
          Semua ini untuk menunjukkan bahwa kita sebagai insan Persaudaraan Setia Hati Terate mempunyai keluhuran budi. Keluhuran budi inilah yang membedakan manusia sebagai makhluk sosial dengan makhluk-makhluk lainnya, dengan memberikan penghormatan yang se-wajarnya, tulus dan tidak di buat-buat akan terpancar rasa saling pengertian/tepo seliro. 

          Kurang lebihnya itulah arti penghormatan pada pembukaan Persaudaraan Setia Hati Terate yang dapat saya bagikan untuk saudara. Silahkan dapat saudara bagikan kepada saudara yang lainnya sekedar untuk menambah wawasan. Sekian ....dan terimakasih .....

Salam Persaudaraan .....   

BERIKUTNYA :

- Arti Mengacungkan Dua Jari pada Pembukaan PSHT

Comments

ARTIKEL POPULER

Makna Tingkatan Sabuk PSHT

Materi Ke-SH-an

Pepacuh Anggota PSHT

Arti Pembukaan Persaudaraan Setia Hati Terate

Makna Pakaian PSHT

Janji Setia Anggota PSHT

Makna Hati Putih Bertepi Warna Merah pada Lambang PSHT

Mukadimah Persaudaraan Setia Hati Terate

Makna Bunga Terate pada Lambang PSHT

Materi Pembinaan Fisik PSHT